Scabies, Si Penggali Kulit

Kulit adalah salah satu bagian yang sensitif dari manusia. Tak pelak lagi beberapa penyakit bisa menempel di bagian ini. Beberapa minggu yang lalu, adik saya terkena penyakit kulit. Tidak hanya adik, selang beberapa hari setelah adik terjangkit, penyakit tersebut menular ke yang lain termasuk saya. Indikasinya seperti bentol di gigit nyamuk tetapi gatal yang luar biasa. Jika digaruk hanya hilang sementara, kemudian kembali gatal. Pada beberapa bagian bentolnya bisa membesar dan mengandung air. Sempat terpikir jika ini cacar, karena pada hari sebelumnya saya sempat mengantar teman yang cacar. Namun, ternyata bukan.

“Ini cuma alergi kok, jangan makan ini dulu y,” komentar yang hampir sama dari beberapa dokter umum (praktek) yang kami kunjungi. Namun, tak ada hasil. Padahal selama beberapa hari saya sudah mantang beberapa makanan enak, dapet dari kantor pula, haha. Akhirnya adik ke dokter spesialis kulit dan terjawab sudah misterinya. Scabies penyebabnya.

Scabies, bukan rabies ya, adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan bersifat mikroskopis. Hal ini biasanya dibuktikan oleh dokter yang memeriksa dengan mikroskop. Penyakit scabies sering disebut kutu badan atau gudik. Penyakit ini sempet bikin heboh di rumah, selain karena kami baru pernah melihat infeksi yang separah ini (sampai menyebabkan luka) juga karena siklus hidup si kutu atau tungau yang sangat lama.

Penyakit ini juga mudah menular dari manusia ke manusia, dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Scabies mudah menyebar baik secara langsung atau melalui sentuhan langsung dengan penderita maupun secara tak langsung melalui baju, seprai, handuk, bantal, air, atau sisir yang pernah dipergunakan penderita dan belum dibersihkan dan masih terdapat tungau sarcoptesnya. Oleh karena itu, kami sekeluarga jadi terkena penyakit karena tidak tahu penanganannya.

Jika kita tangani segera, ternyata mudah menaklukkan penyakit ini. Cukup merogoh kocek empat belas ribu rupiah kita sudah bisa membeli Scabicid Cream, ampuh setelah saya coba. Namun, kami sekeluarga baru mengetahui jenis penyakit dan obatnya kira-kira setelah sebulan lebih terjangkit. Sehingga adik, yang pertama kali tertular sepertinya sejak ia main ke lapangan mengalami infeksi yang parah. Beberapa bagian pada kaki tangan sudah menjadi luka besar. Dan tetap gatal karena si tungau masih berdiam dikulit. Sehingga secara tidak sadar kita akan terus menggaruk kulit yang didiami tungau walaupun sudah menjadi luka, biasanya pada malam hari.

Rasa gatal yang mucul disebabkan karena aktivitas sepasang kekasih tungau tersebut di kulit kita. Pada mulanya mereka hidup di permukaan kulit. Setelah mendapat pasangan dan terjadi kopulasi (perkawinan) yang masih di atas kulit, yang jantan akan mati, kadang-kadang masih dapat hidup dalam terowongan yang digali oleh yang betina. Tungau betina yang telah dibuahi menggali terowongan dalam stratum korneum, dengan kecepatan 2  -3 milimeter sehari dan sambil meletakkan telurnya 2 atau 4 butir sehari sampai mencapai jumlah 40 atau 50 .

Betina yang telah dibuahi ini dapat hidup sebulan lamanya. Telurnya akan menetas, biasanya dalam waktu 3-5 hari, dan menjadi larva yang mempunyai 3 pasang kaki. Larva ini dapat tinggal dalam terowongan, tetapi dapat juga keluar. Setelah 2 -3 hari larva akan menjadi nimfa yang mempunyai 2 bentuk, jantan dan betina, dengan 4 pasang kaki. Seluruh siklus hidupnya mulai dari telur sampai bentuk dewasa memerlukan waktu antara 8 – 12 hari. Itulah alasannya mengapa penyakit ini sangat lama sembuhnya.

Selain itu, yang lebih membuat menjengkelkan adalah wilayah serangan tungau. Makhluk ini senang menyerang daerah lipatan kulit seperti pada sela-sela jari, pinggir jari, pergelangan tangan dan pinggir telapak tangan, siku, ketiak, mata kaki, selangkangan, skrotum, penis, labia dan areola pada wanita. Untuk daerah yang berkulit (cukup) tebal seperti tangan dan kaki, kita bisa menggunakan Scabid Cream yang saya rekomendasikan di atas. Namun, untuk daerah berselaput atau daerah tipis ada baiknya cari obat yang lebih soft. Karena Scabicid cukup ‘hangat’ jika dioleskan di daerah tersebut. Kalau kami menggunakan obat dari dokter, Scabimite harganya lumayan lebih mahal tapi tidak ada reaksi pada kulit tipis.

Melihat cara penularannya yang sangat mudah, hanya dengan interkasi kulit atau sentuhan. Ada baiknya saat kita sudah merasakan gejala segera ditangani. Kulit yang terserang gatal segera dioleskan obat atau cream. Pakaian penderita harus dicuci bersih dan disetrika/gosok. Dan untuk seluruh barang yang digunakan penderita seperti kasur, selimut, dll ada baiknya dijemur di terik matahari agar mengusir/membunuh tungau. Selain itu, penanganan juga dilakukan pada orang sekitar (satu rumah), karena bisa saja penderita sudah sembuh tetapi karena masih ada tungau di rumah, yang lain baru terjangkit.

Ternyata penyakit yang kecil dan spele ternyata bisa sangat merepotkan jika kita tidak tangani. Semoga kita bisa lebih memperhatikan hal-hal kecil di sekitar kita.🙂

Scabies

Comments on: "Scabies, Si Penggali Kulit" (52)

  1. Iya ni, aku juga khawatir bgt,
    Akibatnya jadi mmbekas flak” hitam gtu,
    Bisa hilang nggak yaa bekas flak hitam nya itu

    • kemungkinan bs, krn itu kan di lapisan kulit atas, dan kulit kita kan tumbuh terus. yg kami alami sih hilang, tp ada jg beberapa bagian yg gak hilang bekasnya..

  2. apa dokternya juga menyinggung tentang gigitan kutu kucing?
    karena gejalnya mirip dengan penderita yang kena gigitan kutu kucing.

  3. ini semua karena teman saya yang 1 tempat tinggal,..lebih baik kehilangan teman daripada kena scabies,amit amit deh..fuck lah untuk yang sudah nularin nih penyakit..menderita sekali dibuat nya

  4. Thanks infonya! udah sebulan nih gatal2, kayaknya sih kena scabies, dikasih minyak tawon, kalpanax cream, betadine tetep ga sembuh. .. ntar langsung ke apotek cari scabicid cream..

  5. scabicid kan katanya tidak bleh terkena air selama 24 jam,kalau di oles ke kulit yang tertutupi pakaian,itu kan salep yang di oleskan akan hilang,apakah efek dari salep tersebut masih bekerja? trims
    mohon dibls secepatnya

    • secara ilmiah saya tidak tahu, tapi setidaknya sudah diusahakan dan kulit juga sudah terkena obat (ketimbang tidak sama sekali)..

  6. Saya memakai scabimite cream, tapi setelah pakai kok gatalnya makin parah ya?? Apakah itu efek samping obatnya? Apakah boleh digaruk coz gatelnya minta ampun abis diolesin,, (plus mau tanya bagian mana aja yg diolesin, masa sluruh tubuh? Kan salepnya cm sdikit…) makasih…

    • oleskan pada bagian yang gatal dan ada bentolannya saja, kl ada indikasi aktivitas si kutu, baru olesi. jgn seluruh badan jg😀

  7. Alhamdulillah… dpt lg saran,, nich penyakit betul2 menjengkelkan, awalnya sich cmn 1 orang teman yang kena, krn sang temen sering sekali nginap di rumah, akhirnya menular ke 6 orang laennya, TERMASUK saya, dan yg lebih parah nhie penyakit jg menyerang penis dan testis saya (maaf bkn bermaksud jorok)…sekarang sy mau bertanya, apakah saya msh boleh menggunakan Scabicid Cream untuk mengobati daerah penis dan testis saya meskipun ada benjolan atau kulit luarnya terkelupas ?, dan apakah tidak ada efek samping yang akan timbul nantinya ?. Thanks before bro…

  8. Thanks sharenya bang dol, saya juga kena scabies, udah berulangkali ke dokter spesialis kulit, tp jg belum sembuh smp sekarang, sempet sembuh, eh balik lg
    Sama dokter kemarin dikasih lotion a scabs
    Tp pas baca artikel bang dol di atas, saya mgkn mau coba Scabicid, tp katanya bang dol diatas Scabicid cm bisa di kulit yg cukup tebal ya? Kl di sekitar kelamin itu bisa dioleskan atau tidak?
    Thanks bang dol

  9. Oh ya ketinggalan, Scabicid cream itu setelah diolesin, baru dibasuh pake air setelah 8 jam atau 24 jam bang? Thanks

  10. Post nie memang betul2 bermanafaat… mungkin tidak pada yg lain…

    tapi amat pada saya… terima kasih admin…

  11. Saya kayaknya kena scabies nih. Kenanya di kemaluan
    Sebaiknya pakai scabimite atau scabicid ya?
    Trims

  12. Saya sudah mmenggnakan scabisit 2 kali dan udah beberapa salep yg lain ya gunakan. seperti hidrokortison sudah 4 salap abis dan miconazol 1 salap belum abis. trus berobat ke dokter kulit katanya sih kmungkinan alergi dan obatnyapun sudah hampir habis, tapi sampai sekarang gatal2nya makin menjadi dan tambah parah bintik2 merah menjalar hampir keselurh tubuh. bahkan selah2 jari tangan. mohon enjelasanannya kawan,

  13. Ada anggota keluarga yg kna skabies. ketularan dh ampe gatel ke puting. bisa ga y diobatin pk obt2 yg disebut disini?

  14. Cukup pakai saleb ya? Tdk usah pakai obat minum? Soalnya sy, suamiku dan anakku sdh kena..sudah 2 minggu minum obat, jika minum obat gatalnya berkurang, jika obat habis atw dihentikan gatalnya kambuh lagi..yg kasian anakku krn masih umur 1 tahun harus minum obat.. Skrng sdh 2 hari kami pakai scabicid mudah2an ampu seperti yg penulis katakan..آمينَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ ..betul penyakit ini merepotkan..hiks..

  15. ini mah klo di pondok udah biasa brayy,,,

    jadi lama2 kebal ama scabies😀

  16. Fackingsoda said:

    saya juga kena ini gila nyiksa bgt apalagi di kemaluan kira2 itu pemakaian brpa kali ya? seminggu sekali apa 1 hari sekali .. selama pengobatan?

  17. irvancocoRA said:

    Pengobatan zaman dulu :
    Kita hanya butuh cara pengelupas kulit di mana tungau gudik itu bertelur …….”
    Siapkan :
    1. Daun ketepeng
    2.Daun kemidi(log ga da ya gk p2 )
    3.Mbako(yang buat ngerokok itu)
    4.Minyak tanah
    Cara’a : 123 di tumbuk halus baru ke 4 dcampurkan.
    Lalu oleskan ke kulit yg terjangkit … Ingat pada sore hari … Pagi hari akan trklupas tu kulit …..”? Good luck

  18. mau tanya nih, kan scabicid kalau bisa jangan terkena kelamin, nah saya lupa dan malah mengoleskannya ke kelamin. nah itu gimana?

  19. gan kan saya udah make scabimite nih , trus efeknya tuh gatel banget dan makin merah merah di sekujur tubuh , apa itu proses penyembuhan ? dan boleh digaruk ga itu ?

  20. Klo saya di sarankan dengan dokter kulit menggunakan scabimite yg 30 gr. Di oleskan ke seluruh badan mulai bahu ke bawah, termasuk di sekitar kelamin selama minimal 8-12 jam, kemudian di baasuh ketika mandi dan ada tambahan salep 1 tube dioleskan secara tipis pada bagian yg terkena skabies. Kemudian untuk memutuskan rantainya kudu bersih2 seperti handuk, seprei dan temen2nya untuk d jemur di panas matahari atau d rendam air panas, dan kerja bakti rmh. Jika boleh saran berbarengan dgn keluarga serumah, karena biasanya satu sembuh yang lain bisa tertular, ini kutu buandel bgt soalnya. Dan Alhamdulillah sekarang sudah tdk terkena lagi. Mudah2an bermanfaat buat temen2….

  21. jadi inget 12 tahun yang lalu😀
    kena penyakit ini 4 bulan, parah hampir seluruh badan gatal n luka, dokter spesialis salah diagnosa malah dikira jamur, beli salep jamur yang paling mahal tapi gak ngefek :(… periksa ke puskesmas eh malah didiagnosa skabies, dikasi salep scabimite langsung sembuh lusa nya…🙂 terus ranjang n handuk dijemur biar tu kutu juga pada mati, pakean dalem juga ganti semua kalo bisa😀

  22. Ari Nurcahyo said:

    terimakasih gan udah Post tentang penyakit ini, semoga bisa bermanfaat bagi keluarga saya…🙂

  23. iya nih…gue juga terjangkit…di kelamin ama di bokong…doain cepet sembuh ya gan

  24. Sama jgn kasusnya dgn anak saya, dptnya dr teman2 se-asrama.. awalnya ke dokterr umum, akhirnya stlh seminggu ga ada hasil k dr kulit. Dr kasih obat dalam (pil), salep racikan dr dokter, & scabimite 30 gr. Proses penyembuhannya memang hr bersih semuanya, baju2 hrs disiram pk air panas, stlh dicuci, disetrika n kasur2 hr dijemur. Baru kalau sdh bersih, scabimite dioleskan k seluruh tubuh mulai leher sampai bawah. Memang harus sabar bolak balik dokter, n orang2 di sktar hrs jg diobati jg, minimal komunikasi dgn guru2 asrama (kl di asrama) biar ga kena lg…

  25. aku sekeluarga juga kena penyakit gatal ini.. alhamdulillah saya mau coba salep ni.. makasih informasinya bermanfaat sekali :)))

  26. Annisa180700 said:

    Mau tanya Kalau kita pakai scabimite itu nggak boleh terkena air sampai waktu dibilas ya??
    Kalau wudhu gimana??

  27. terimakasih atas infonya,, ne gw lagi kena,, d perutt,,, pake scabimite kok makin gatal yaaq,,,//

  28. bagusDcahya said:

    Harga scabimite berapa ya gan?dan klo luka ya terbuka tetep bisa diolesin?
    Please help me bang

  29. roman-ramannye ane ketularan sama adik ane, perlu segera dipraktekan saran agan ini.
    terimakasih gan, ane mau oles-oles dolo

  30. emil ilyas said:

    bangdol aku udah pake scabimite tapi tetep gatel , apa itu pengobatannya gagal atau masih dalam tahap penyembuhan ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: