“Bawa apa aja ya?” pertanyaan yang paling sering dikeluarkan teman-teman ketika mau mendaki. Saya memang bukan pendaki sejati, tsaaah apa itu, tapi pada kesempatan kali ini saya mau berbagi sedikit hal-hal apa saja yang biasa dibawa saat pendakian. Pada umumnya, keseluruhan peralatan atau perlengkapan itu dibagi jadi tiga, perlengkapan saat pendakian, saat berkemah (istirahat), dan kebutuhan tambahan.

Perlengkapan saat pendakian:

  1. Topi /kupluk. Topi kita butuhkan untuk melindungi kepala dari terik matahari. Liat kondisi lingkungan pendakian juga. Kalo gunung yang dilalui lebih banyak pohon (hutan) ya mungkin kurang dipake, tapi ada juga gunung yang gersang. Untuk kupluk penting untuk bermalam dan pendakian malam hari.
  2. Pakaian berbahan katun / yang mudah menyerap keringat berlengan panjang
  3. Celana lapangan berbahan katun / yang mudah menyerap keringat, tidak ketat dan fleksibel, tidak mudah sobek
  4. ikat pinggang
  5. Kaos Kaki yang mudah menyerap keringat. Kaos kaki bawa yang banyak juga ya, kalo gak kuat dingin bisa kita gunakan kaos kaki lapis-lapis :D
  6. Sepatu. Untuk mendaki, beberapa gunung seperti peraturan di gunung gede hanya boleh pake sepatu, sandal boleh buat di kemah
  7. Sarung tangan. Penting banget kalo gak kuat dingin, brrr
  8. Senter. Minimal adalah yang bawa, karena bisa aja pendakian molor dan kita kemaleman dalam mendaki
  9. Air minum. Ini disesuaikan dengan kondisi pendakian. Kalo lama pendakian kira-kira 4-5 jam, saya rasa cukuplah air 600 mL. Tapi kalo khawatir kehausan ya boleh bawa lebih dengan resiko tas jadi lebih berat. Pertimbangkan juga setelah sampai di tempat tujuan (kemah) ada sumber air dan bisa dimasak atau tidak, agar bawa airnya gak lebay :D
  10. Ponco/ jas hujan (terserah, yg penting ada)
  11. Tas. Kondisikan semua barang bawaan masuk tas (jangan ada yang ditenteng, ribet dan bikin capek boy)

Perlengkapan saat berkemah/istirahat

  1. Tenda dome. Penting neh, kalo gak ada ente mau tidur dimana?
  2. Kantong tidur/sleeping bag/Matras. Sebenarnya gak bawa juga gak ape-ape, tapi paling cuma masuk angin, haha
  3. Baju cadangan kering untuk tidur (celana panjang olah raga, baju / kaos lengan panjang, kaos kaki, kerpus, sweater/jaket tidur dsb) *pribadi
  4. Nesting / alat memasak
  5. Jerigen air
  6. kompor lapangan
  7. Bahan bakar memasak (spiritus, gas, parafin dsb)
  8. pematik api /korek api
  9. Bahan makanan. Bawalah secukupnya, list dulu apa yang mau dimasak dan dimakan. Plus waktu makannya. Jangan kebanyakan dan terlalu sedikit, bisa-bisa makan lumut, :D Bawa yang simple kayak sarden dsb. Tapi inget sampah bawa turun/pulang ya. Keep clean! :)
  10. Lilin /lampu darurat/ alat penerangan lain
  11. Alat makan (piring /gelas) di koordinir yang bawa beberapa org saja
  12. Flysheet

Perlengkapan pendukung (kebutuhan tambahan)

  1. Bohlam & baterai cadangan untuk senter
  2. kompas, dan peta lokasi (optional)
  3. obat – obatan pribadi
  4. Peluit (optional)
  5. Webbing / Tali pramuka
  6. Alat jahit (optional, tp kl ad blh dibawa)
  7. Pisau saku / pisau serba guna (optional)
  8. Alat komunikasi
  9. Kamera, untuk mengabadikan moment yang sangat langka,hehe

Semua di atas hanya beberapa perlengkapan standar, kalo mau nambahin boleh. Tapi inget, sebelumnya untuk bisa menerka akan terjadi apa atau untuk apa barang-barang tersebut, biar gak mubazir dan membuat berat barang bawaan. Setelah siap dengan perencanaan, izin, perlengkapan, siaplah kita mendaki,hehe Oh ya, jangan lupa untuk mempersiapkan mental dan fisik. Fisik bisa dengan olah raga rutin yang meningkatkan stamina dan mental dengan banyak berdo’a. mohon keselamatan sama Allah Azza wa Jalla yang menciptakan gunung yang akan kita daki. Ok, selamat mendaki :).

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: